Senin, 18 Maret 2013

New Windows Rpg Eventing !



こんいちわ みんーさん 。。。

Windows pada eventing di Rpg Maker Vxa adalah sumber dari event-event,
Yah boleh dikatakan raja dari pada event.
Because, if there's no windows event, there will be no event.
And the climax, the event is very important in gaming.
If you dont know about windows eventing, it'will be terrible :D
oke deh, @Indonesian mode >> On !









Keterangan :

Conditions
Fungsi ini digunakan sebagai kondisi dari suatu event.
Maksudnya event tersebut akan terproses dalam kondisi yang ditentukan. 
Fungi ini terdiri atas switch, variable, self-switch, item dan actor. 
Semua fungsi itu akan kita bahas pada pembahasan conditional branch.


Autonomous Movement


  • Type 
Tipe NPC yang diinginkan. meliputi :

  • Fixed
Jika NPC (character suatu event) terproses, maka akan selalu menatap player dan NPC dalam keadaan diam.

  • Random
NPC akan berjalan secara random (acak).

  • Approach 
NPC akan mengikuti player ke mnapun player pergi (tidak berlaku di lain map)

  • Custom
Akan dijelaskan pada pembahasan movements.



  • Speed
kecepatan NPC. meliputi
-x8 slower
-x4 slower 
-x2 slower
-Normal
-x2 faster
-x4 faster.



  • Freq
Frekuensi pergantian sprite NPC. meliputi 
-Lowest   = Player berjalan dngan frequensi yang sangat rendah
-Lower    = Player berjalan dngan frequensi yang rendah
-Normal   = Player berjalan dngan frequensi normal
-Higher   = Player berjalan dngan frequensi yang tinggi
-Highest  = Player berjalan dngan frequensi yang sangat tinggi



  • Graphic
Gambar yang digunakan untuk menampilkan NPC.


  • Priority

-Below character
NPC berada di bawah player. Maksudnya player bisa menginjak NPC / event yang telah dibuat.

-Same as character
NPC berada sama dengan player. Maksudnya player tidak bisa menginjak NPC dan akan tertahan oleh NPC.

-Above character
NPC berada di atas player. Maksudnya event yang dibuat seperti melayang di udara.


  •  Options
-Walking anim
Animasi event berjalan.

-Stepping anim
Animasi event melangkah

-Direction fix
Untuk memperbaiki arah event yang kita buat.

-Trough
Membuat event bisa ditembus oleh player.


  • Trigger
Cara / pemicu untuk memproses event. meliputi :

-Action button
Event akan terproses jika ditekan tombol (X, space dan enter).

-Player touch
Event akan terproses ketika player menyentuh event.

-Event touch
Event akan terproses ketika event lain menyentuh event tersebut.

-Autorun
Event akan terproses secara otomatis tanpa ada pemicu.

-Parallel Process
Sama seperti autorun tetapi player tetap bisa bergerak ( beraktivitas ) ketika event menyala.


  • Shortcut Button
-New Event 
Membuat tabulasi / page event baru.

-Copy Event Page
Menyalin page event.

-Paste Event Page
Menempelkan page event yang telah disalin.

-Delete Event Page
Menghapus page event.

-Clear Event Page
Membersihkan event.


  • Content
- Tempat memberi event-event pada gamemu. Isinya akan dijelaskan pada page Content


1 komentar:

  1. Direction fix itu bukan untuk memberbaiki arah. Lebih tepatnya untuk menjadikan arah itu permanen.

    BalasHapus